Minggu, 27 Januari 2013

FIRMAN ITU NYATA DALAM HIDUPKU



Ulangan 30:11-20
Ada banyak orang yang tidak menyadari pentingnya hidup bersama Firman Tuhan. Jikapun harus membaca Alkitab, tidak sedikit orang yang hanya membacanya selintas saja tanpa direnungkan, dicerna dan dilakukan secara nyata. Padahal apa yang terkandung di dalam Firman Tuhan itu sungguh luar biasa. Ada kuasa Ilahi di sana yang akan mampu menghasilkan sesuatu yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya (baca Ibrani 4:12). 
Seperti umat pilihan Allah, Israel hidup dalam pimpinan Tuhan melalui Musa. Umat Israel berada dibawah gembala yang dipakai Tuhan dengan luar biasa. Walaupun dipimpin atau digembalakan oleh hamba Tuhan yang top, diurapi Tuhan. Umat Israel masih mendukakan hati Tuhan. Hidup mereka dipenuhi dengan kenajisan, memberontak, persungutan. Berungkali jatuh dalam dosa, menyembah berhala dan sebagainya.
Oleh Kasih Karunia Tuhan. Tuhan tidak ingin umat kesayangannya jatuh dan hidup terus dalam dosa. Karena Tuhan mengasihi umat-Nya dengan kasih yang kekal. Tuhan berfirman agar mereka kembali hidup di jalan yang lurus yaitu jalan Tuhan Yesus. Melalui hamba-Nya Musa, mengingatkan kembali agar umat dan semua jemaat-Nya : pertama, Taat pada perintah Tuhan; kedua perkatakan Firman seperti Tuhan memperkatakan; ketiga, jadikanlah diri kita ilustrasi nyata dari Firman dan ajaran Kristus. Supaya Firman itu nyata dalam hidup umat Tuhan.
Dengan Taat dan memperkatakan Firman serta menjadikan hidup kita sebagai ilustrasi dari Firman dan ajaran Kristus. Saudara/i memilih kehidupan dan berkat. Sehingga bagi orang-orang yang melakukan Firman. Maka, Firman di Ulangan 30:9-10 berlaku untuk dia “…TUHAN, Allahmu, akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam segala pekerjaanmu, dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu, sebab TUHAN, Allahmu, akan bergirang kembali karena engkau dalam keberuntunganmu, seperti Ia bergirang karena nenek moyangmu dahulu. Apabila engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dengan berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya, yang tertulis dalam kitab Taurat ini dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.” Firman menjadi nyata dalam hidup kita.
Sebagai umat percaya, mari kita terus hidup taat kepada Tuhan dan menumbuhkan Firman itu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berbuat demikian saudara/i dipenuhi Damai Sejahtera dan Kasih Karunia Allah. Sehingga janji-janji Tuhan dalam Firman-Nya saudara/i akan meraih dan memperolehnya. Tuhan Yesus meberkati.

Salam Damai.
Sdr. Hudiman Waruwu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar