Minggu, 15 April 2012

KARIRKU UNTUK YESUS Bacaan: Yoh 1:9 Ef 4:11-12



“Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia”.
Dalam tayangan film atau drama 1 jam bisa jadi persiapannya sampai berbulan-bulan. Latihan seberat itu diperlukan sebab memainkan sebuah peran bukanlah mudah. Kalau ia berperan sebagai raja maka dia harus menguasai  karakter seorang raja. Demikian pula sebagai perdana menteri, atau hamba.
Dalam kehidupan sehari-hari kita juga memiliki peran. Sebagai seorang ayah, ibu, anak, warga masyarakat, bahkan peran dalam profesi dalam karir di dunia kerja.  Sebagai direktur, Manajer, staf administrasi, staf keuangan, karyawan,pedagang, montir dll.  Disamping semua itu kita diingatkan bahwa kita juga masing-masing sebagai orang percaya  memiliki peran khusus sebagai anak-anak Tuhan. Sehingga karir yang kita miliki adalah karir plus yang tentunya membuat kita  dituntut beda dengan yang lain. Dokter kristen, Direktur kristen, akunting kristen, manajer kristen dan karyawan kristen. Meskipun label itu tidak tertera dalam kasat mata. Kepercayaan kita pada Yesus mengandung konsekuensi logis  dan rohani  dalam kesaksian hidup kita secara nyata dalam setiap karir yang kita hidupi.
Jika kita membaca surat Efesus 4:11-12 Tuhan melengkapi orang-orang kudus (umat percaya)dalam pekerjaan pelayanannya.  Kata melengkapi atau katartismon berarti  memampukan, meningkatkan, menyempurnakan. Berlaku pada setiap sendi pelayanan dalam hidup ini. Seringkali hanya dipersempit  dalam pelayanan digereja dan dipisahkan dengan pelayanan melalui profesi, karir hidup kita sehari-hari.  Jadi sebagai pemimpin rohani, hamba Tuhan diberi tugas oleh Tuhan untuk melengkapi anak-anaknya memiliki karakter Yesus dalam menjalani karirnya dengan demikian setiap anak-anaknya akan menjadi terang di dunia ini. Gereja adalah tempat untuk berlatih dalam membangun karakter Yesus dalam karir hidup kita.
Dalam peringatan kelahiran Yesus yang adalah Terang yang telah datang itu kiranya juga menerangi seluruh aspek kehidupan kita termasuk karir hidup kita. Selamat Natal dan selamat bekerja. Tuhan Yesus memberkati. Amin

Pdt. Paulus Hartono, M.Min.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar