Selasa, 13 November 2012

ALLAH PEMELIHARA HIDUP ORANG PERCAYA



Kitab Esther 4:1-17
Allah tidak saja sebagai Sang Pencipta, tetapi Dia juga Sang pemelihara.  Allah memelihara alam semesta, termasuk bumi sampai sekarang ini.  Manusia-manusia yang serakah merusak bumi ini dengan cara mengekploitasinya secara sewenang-wenang – mengeruk isi bumi dengan alat-alat teknologi canggih, membabat hutan seenaknya sendiri, membuat polusi, membuang sampah dan limbah sembarangan akibatnya bencana alam – krisis ekologi terjadi di mana-mana.  Namun tidak demikian dengan Allah,  Dia mencipta dan Dia juga memelihara. Bumi diciptakan oleh-Nya dan sampai sekarang dipelihara-Nya.  Bumi diatur sedemikian rupa suhunya sehingga dapat dihuni.  Bahkan seluruh alam semesta dijaga dan diaturnya secara menakjubkan dan mempesona, seperti misalnya tata surya yang terorganisir sesuai orbitnya masing-masing.  Tentunya semuanya ini ada di alam semesta karena Allah yang menciptakannya dan juga  sampai sekarang tangan Allah yang perkasa masih memeliharanya terus.  Allah masih memberikan roh kehidupan untuk bumi ini dan kita masih dapat tinggal di dalamnya. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita bersyukur. 
Allah tidak saja memelihara  alam semesta dan bumi ini, tetapi Dia juga memelihara anak-anak-Nya, umat yang dikasihi-Nya tanpa henti.  Di dalam Kitab Esther ini diceritakan bahwa ada seorang kepercayaan Raja yang sangat jahat, (pembesar utama di atas pembesar-pembesar lainnya)Haman.  Gara-gara ada satu orang Yahudi(Mordekhai) yang tidak mau sujud dan menyembah saat Haman masuk gerbang istana raja, maka  Haman – pembesar ini panaslah hati.  Kemudian dia merancang untuk membunuh Mordekhai dan seluruh bangsa Yahudi yang ada di wilayah Persia.  Kejam dan sadis sekali orang ini, kekuasaan dan kekayaan yang dimilikinya tidak ditunjukkan melalui pelayanan dan belaskasihan tetapi malah kesewenang-wenangan, ketidakadilan dan penyalahgunaan kekuasaan yang culas, liar dan keji.
Tetapi Allah Israel adalah Allah yang tidak tertidur dan terlelap.  Ia menyelamatkan umat-Nya dengan cara yang ajaib.  Dia Allah Sang pemelihara yang memberi perlindungan untuk anak-anak-Nya. Ia sanggup melakukan hal-hal tertentu agar karya keselamatannya terjadi atas hidup kita. Mordekahi dan orang Yahudi lainnya diselamatkan oleh Allah dengan caranya yang ajaib.   Allah Alkitab adalah Allah pemelihara orang-orang yang menjadi milik-Nya. Amin.     

Pdt. Minggus Minarto Pranoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar