Sabtu, 16 Juni 2012

KELUAR SEBAGAI PEMENANG




Matius 4:1-11


Dalam hidup ini manusia dihadapmukakan dengan berbagai-bagai masalah, tantangan, hambatan, kesulitan dan pencobaan.  Banyak orang menjadi putus asa ketika harus menghadapi cobaan dan tantangan berat, tapi kita perlu belajar dari Firman Tuhan yang menjanjikan kepada kita bahwa pencobaan-pencobaan yang kamu alami itu tidak akan melebihi kekuatanmu.

  Apa saja pencobaan yang sering kita alami?  Bisa berupa kesulitan ekonomi, sakit penyakit yang melekat pada tubuh, ataupun juga tekanan-tekanan dari lingkungan sekitar kita.

  Melihat dari pengalaman Tuhan Yesus sendiri ketika menghadapi pencobaan yang berat, ternyata Ia mampu menghadapinya dan bahkan Ia keluar sebagai pemenang.  Di mana rahasianya sehingga Ia bisa keluar sebagai pemenang?
Iblis berkata, “Jikalau Engkau Anak Allah . . .” sampai tiga kali.  Tetapi Yesus tahu bahwa Ia bukanlah “kalau-kalau” atau “jikalau”, melainkan bahwa Ia “benar-benar Anak Allah”, sehingga Iblis tidak mampu menjatuhkan-Nya.

2>    IA mengenal tujuan hidup dan kedatangan-Nya

         Tujuan dan kedatangan Tuhan Yesus itu adalah untuk mati dan menebus dosa kita.  Dengan pengetahuan seperti ini, maka Iblis yang hendak menyimpangkan rencana keselamatan Allah bagi manusia itu tidak mampu berhasil, karena Tuhan Yesus memang datang ke dalam dunia ini untuk mengorbankan diri-Nya.

3> IA sangat menguasai Firman Tuhan

Tiga kali pencobaan Iblis datang kepada Tuhan Yesus, tiga kali pula pencobaan itu ditanggapi Tuhan Yesus dengan Firman Tuhan.  Tuhan Yesus berkata, “Ada tertulis”, “ada tertulis”, dan “ada tertulis lagi”, karena Ia menguasai Firman Tuhan.

Kalau kita mau keluar sebagai pemenang, maka haruslah juga kita:
1> Mengenal diri sendiri
2> Mengenal tujuan hidup kita
3> Mengenal dan menguasai Firman Tuhan

Amin!

Pdt. Haniel Handojo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar